Para Bintang yang Hanya Jadi Penonton di Piala Dunia 2018

Para Bintang yang Hanya Jadi Penonton di Piala Dunia 2018

Kabar5.Com, | Sejumlah negara telah memastikan diri berlaga di Piala Dunia 2018. Per 11 Oktober 2017, tercatat sudah ada 23 negara dipastikan tampil di ajang empat tahunan tersebut. Argentina bersuka cita karena berhasil merebut posisi tiga zona CONMEBOL di laga terakhir. Sementara itu Islandia dan Panama menjadi kejutan atas keberhasilan mereka lolos langsung dan akan menjadi debutan di Piala Dunia 2018 nanti. 

Tapi di samping mereka yang berbahagia, tak sedikit juga yang harus menelan kekecewaan di akhir kualifikasi Piala Dunia ini. Beberapa kesebelasan kuat dipastikan tersingkir. Ini artinya banyak pemain bintang yang hanya akan menjadi penonton di Piala Dunia 2018 nanti. Siapa saja mereka?

Aljazair

Aljazair sempat menjadi perbincangan saat berhasil mencapai babak 16 besar di Piala Dunia 2014. Hanya saja untuk Piala Dunia 2018, mereka dipastikan tidak akan ikut ambil bagian. Pada babak kualifikasi grup B zona CAF, mereka tak bisa berbuat banyak dan menempati posisi juru kunci, di bawah Nigeria, Zambia dan Kamerun, setelah hanya meraih satu kemenangan.

Pemain Bintang: Riyad Mahrez, Faouzi Ghoulam, Islam Slimani

Amerika Serikat

Hanya meraih satu kemenangan dan satu seri di empat laga terakhir kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONCACAF membuat Amerika Serikat harus menerima pil pahit tidak lolos ke Piala Dunia 2018. AS menempati peringkat kelima, di bawah Meksiko, Kosta Rika, Panama, dan Honduras.

AS sebenarnya punya kans besar untuk ke Piala Dunia 2018 pada laga terakhir mereka. Hanya saja secara mengejutkan mereka ditaklukkan kesebelasan juru kunci, Trinidad Tobago, dengan skor 2-0. Sementara di tempat lain, dua kesebelasan yang sebelumnya berada di bawah mereka, Panama dan Honduras, mengalahkan lawan-lawannya sehingga AS tersalip.

Pemain Bintang: Christian Pulisic, Tim Howard, Clint Dempsey

Belanda

Setelah tak tampil di Piala Eropa 2016, Belanda harus meneruskan catatan kelam mereka. Belanda dipastikan tak tampil pada Piala Dunia 2018. Pada akhir kualifikasi grup A zona UEFA, Belanda harus puas menempati urutan ketiga. Dari grup A tersebut, Prancis-lah yang berhak lolos langsung dengan menjadi juara grup.

Belanda sebenarnya memiliki poin sama dengan Swedia yang menempati urutan kedua. Hanya saja kemenangan 2-0 atas Swedia di laga terakhir tak cukup untuk Belanda melangkahi Swedia. Aturan selisih gol yang dipakai untuk menentukan klasemen membuat Belanda tersingkir. Swedia memiliki surplus 17 gol, sementara Belanda hanya mampu surplus sembilan gol.

Pemain bintang: Arjen Robben, Jesper Cillessen, Daley Blind, Georginio Wijnaldum, Stefan De Vrij, Robin van Persie

Bosnia & Herzegovina

Bosnia & Herzegovina memang berhasil mengalahkan Estonia di laga terakhir kualifikasi grup H zona UEFA. Namun kemenangan itu menjadi sia-sia karena di lain tempat Yunani berhasil mengalahkan Gibraltar dengan skor 4-0. Maka posisi dua tetap menjadi milik Yunani.

Kekalahan dari Belgia pada matchday ke-9 menjadi biang tergusurnya Bosnia ke peringkat tiga dan berada di situasi sulit. Bosnia sendiri sebenarnya nyaris menang menghadapi Belgia, sempat unggul 2-1 di babak pertama. Hanya saja gol Michy Batshuayi, Jan Vertonghen dan Yannick Carrasco pada babak kedua membuat pertandingan berakhir dengan skor 3-4 untuk Belgia.

Pemain bintang: Edin Dzeko, Miralem Pjanic, Sead Kolasinac

Cile

Laga terakhir babak kualifikasi zona CONMEBOL begitu genting. Enam kesebelasan punya peluang yang sama untuk lolos maupun tersingkir. Namun dari enam kesebelasan tersebut, hanya tiga kesebelasan yang lolos langsung dan satu kesebelasan melangkah ke babak play-off sehingga ada dua kesebelasan yang tersingkir. Dari dua kesebelasan yang tersingkir, Cile adalah salah satunya.

Kegagalan Cile melangkah ke Piala Dunia 2018 jelas menjadi kejutan. Dalam dua edisi Copa America terakhir, mereka dua kali juara. Namun kekalahan di laga terakhir menghadapi Brasil membuat mereka, yang asalnya berada di urutan ketiga, tergusur ke posisi enam. Posisinya digantikan Argentina yang mengalahkan Ekuador lewat hattrick Lionel Messi. Sementara itu Peru melaju ke babak play-off. Selain Cile, Paraguay juga tersingkir.

Pemain bintang: Alexis Sanchez, Gary Medel, Claudio Bravo, Arturo Vidal

Slovakia

Slovakia mungkin tak punya jejak rekam mentereng baik di Piala Eropa ataupun di Piala Dunia. Tapi pada Piala Dunia 2010, mereka menjadi kesebelasan yang berhasil menyingkirkan sang juara bertahan, Italia, di fase grup. Di laga terakhir grup, Slovakia menang 3-2, membenamkan Italia ke dasar klasemen grup F.

Tapi langkah Slovakia terhenti di babak kualifikasi dan dipastikan absen pada Piala Dunia 2018 nanti. Padahal mereka menempati peringkat dua di grup F zona UEFA, di bawah Inggris yang menjadi juara grup. Hanya saja torehan poin mereka tak bisa menjadikannya sebagai runner-up grup terbaik untuk melangkah ke babak play-off.

Pemain bintang: Marek Hamsik, Marten Skrtel, Milan Skriniar

Turki

Sejak tampil cemerlang di Piala Dunia 2002 dengan mengalahkan Korea Selatan di perebutan ketiga dunia, Turki belum lagi bisa tampil ke Piala Dunia pada edisi-edisi berikutnya, termasuk untuk Piala Dunia 2018. Di babak kualifikasi grup J zona UEFA kali ini, Turki kalah saing oleh Islandia dan Kroasia. Turki menempati urutan empat, di bawah Ukraina.

Turki hanya mampu mengumpulkan 15 poin. Kroasia dan Ukraina masing-masing berhasil mengalahkan Turki satu kali. Sementara itu Islandia dua kali mengalahkan Turki, bahkan mengalahkan Kroasia dan Ukraina juga, yang membuat mereka layak menempati puncak klasemen dan lolos langsung ke Piala Dunia 2018.

Pemain bintang: Hakan Calhanoglu, Arda Turan, Emre Belozoglu, Nuri Sahin

Wales

Generasi emas Wales yang berhasil mencapai babak semifinal Piala Eropa 2016 ternyata belum mampu mengakhiri puasa tampil di Piala Dunia sejak 1958. Wales hanya menempati urutan ketiga di babak kualifikasi grup D zona UEFA. Mereka dikangkangi Serbia yang menjadi juara grup dan Republik Irlandia yang menempati runner-up.

Di laga terakhir, Wales sebenarnya hanya membutuhkan hasil imbang untuk melangkah ke Piala Dunia 2018 karena unggul satu poin dari Irlandia. Tapi yang terjadi, Gareth Bale mengalami cedera dan absen pada laga tersebut, Wales takluk 0-1 di kandangnya sendiri. Irlandia pun ke babak play-off dengan 19 poin, Wales hanya sanggup mengumpulkan 17 poin.

Pemain bintang: Gareth Bale, Aaron Ramsey, Ben Davies

Pemain dari negara lain

Selain pemain dari negara-negara di atas, tentu masih banyak lagi pemain-pemain bintang yang dipastikan absen di Piala Dunia 2018 karena gagal dikualifikasi. Beberapa di antaranya adalah Henrikh Mkhitaryan (Armenia), Jan Oblak (Slovenia), Antonio Valencia (Ekuador), David Alaba (Austria), Pierre-Emerick Aubameyang (Gabon), atau Stevan Jovetic (Montenegro).

Tak hanya itu, daftar pemain bintang yang hanya akan menjadi penonton pada Piala Dunia 2018 nanti bisa bertambah karena kesebelasan kuat macam Italia, Kroasia, Swedia, Denmark, dan Swiss masih harus menjalani partai play-off pada November mendatang. Maroko, Pantai Gading, dan Senegal pun masih memungkinkan untuk gagal ke Piala Dunia. (red)

banner 468x60

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.