Hamilton Raih Kemenangan ke-58 Dalam Karirnya

Hamilton Raih Kemenangan ke-58 Dalam Karirnya

Kabar5.Com, | Pebalap Mercedes asal Inggris, Lewis Hamilton, keluar sebagai pemenang GP Belgia setelah finis di urutan pertama pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Spa-Francorchamps, Minggu (27/8/2017). 

Dia mengungguli Sebastian Vettel (Ferrari) dan Daniel Ricciardo (Red Bull Racing) yang finis di posisi kedua dan ketiga. Bagi Hamilton, ini merupakan kemenangan ke-58 dalam kariernya sebagai pebalap Formula 1. Hamilton yang meraih pole position mengawali balapan dengan mempertahankan posisinya, diikuti Vettel, dan Valtteri Bottas (Mercedes).

Sementara itu, Kimi Raikkonen (Ferrari) masih di posisi keempat, disusul Max Verstappen (Red Bull Racing).

Kiprah pebalap Sauber, Pascal Wehrlein, berakhir pada lap ketiga setelah mengalami gangguan mesin pada mobilnya. Pada lap ke-4, Hamilton membukukan putaran tercepat 1 menit 49,926 detik. Dia masih memimpin jalannya balapan dengan keunggulan 1,7 detik, diikuti Verstappen dan Bottas.

Drama terjadi pada lap ke-9 di tikungan 5, mobil yang dikendarai Verstappen mengalami gangguan pada power mesinnya. Dia gagal melanjutkan balapan.

Bagi Verstappen, ini merupakan kegagalan finis ke-6 pada balapan Formula 1 musim ini. Susunan pebalap di depan adalah Hamilton, Vettel, Bottas, Raikkonen, dan Ricciardo.

Pada lap ke-13, Hamilton melakukan pitstop. Dia kembali ke lintasan di posisi ke-3. Sementara itu, Vettel menjadi pemimpin balapan. Satu lap berikutnya, giliran Vettel yang melakukan pit stop.

Hingga lap ke-18, Hamilton masih berada paling depan. Vettel, Bottas, Riciardo, dan Nico Hulkenberg (Renault) berturut-turut menempati urutan kedua sampai kelima. Raikkonen naik ke posisi ke-6 pada lap ke-19 setelah menggeser Esteban Ocon (Force India).

Pada lap ke-30, di tikungan 1 terjadi tabrakan antara dua pebalap Force India, Ocon dan Sergio Perez. Akibat insiden tersebut, ban mobil Perez tertusuk sehingga ban bagian belakang terlepas. Dia harus kembali ke pit dan balapannya berakhir. Balapan dihentikan sementara untuk mengangkut mobil Perez dari lintasan.

Pada lap ke-34, Vettel berusaha menyalip Hamilton. Namun, Hamilton masih mempertahankan posisinya dengan keunggulan 0,710 detik. Satu lap berikutnya, Ricciardo menggeser Raikkonen untuk menempati posisi ketiga.

Hamilton memperlebar jarak dengan Vettel hingga lap ke-37. Pada lap ke-40, Vettel berusaha memperkecil jarak dengan Hamilton. Posisinya tidak tergeser pebalap lain hingga balapan selama 44 putaran tersebut berakhir. Sementara itu, Raikkonen, Bottas, dan Hulkenberg finis di posisi keempat hingga keenam. (red)

Tags:
banner 468x60

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Tinggalkan Balasan